5 Faktor Sakit Jantung Yang Perlu Kalian Waspadai!

Tau kah kalian bahwa dizaman milenial seperti sekarang ini terdapat 5 faktor mudah bagi manusia untuk memiliki potensi sakit jantung? Jantung manusia berprofesi keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ia terus berprofesi ketika manusia makan, olahraga, sampai tidur. Jantung berperan amat penting bagi kelangsungan hidup manusia sehingga fungsi dan kesehatannya patut dijaga. Ketika jantung tak dapat lagi berprofesi sebagaimana mestinya, bermacam penyakit kronis. Seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung mengancam nyawa. Problem-dilema kesehatan pun mampu memicu terganggunya kesehatan mental yang perlu kita jaga. Beberapa hal tersebut juga dipicu oleh penumpukan lemak, kolesterol, kalsium, dan zat lain di arteri.

Pahami 5 Faktor Utama Pemicu Sakit Jantung

5 Faktor Sakit Jantung Yang Perlu Kalian Waspadai!

Penyakit jantung memiliki unsur risiko yang susah diubah, merupakan umur dan riwayat kesehatan keluarga. Di samping itu, unsur-unsur risiko lainnya dapat dikuasai, merupakan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan seimbang.

  • Makan Sembarangan

Makan sembarangan Gizi yang bagus akan amat membantu menurunkan risiko bermacam penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi unsur risiko penyakit jantung, seperti kolesterol, tekanan darah, dan gula darah. Dengan mengamati tiap-tiap asupan yang masuk ke dalam tubuh, unsur-unsur risiko tersebut akan terkontrol.

  • Konsumsi alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang pada masanya akan mengakibatkan kerusakan pada jantung dan arteri. Alkohol juga membuat kadar kalori lebih tinggi. Ketika terlalu banyak kalori dalam tubuh, trigliserida bahkan akan meningkat, seperti itu pula risiko terkena penyakit jantung.

  • Stres Berlebihan

Pada tahap tertentu, stres dapat amat berbahaya kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketika seseorang mengalami stres, tekanan darahnya akan naik sehingga lebih banyak tekanan pada jantung dan arteri. Stres juga dapat memicu kebiasaan-kebiasaan yang tak sehat, seperti merokok, minum alkohol, tak cukup rehat, dan lain-lain.

  • Rokok

Salah satu dari tiga unsur utama penyebab penyakit jantung merupakan merokok. Tiap kali menghirup rokok, ada lebih dari 5.000 bahan kimia yang masuk ke tubuh. Salah satu bahan kimia tersebut merupakan karbon monoksida. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen dalam sel darah sehingga akan merusak jantung. Banyak orang yang menerapkan rokok elektrik atau vape untuk stop merokok. Namun, tak ada bukti yang mengatakan bahwa rokok elektrik lebih sehat.

  • Tak bergerak aktif

Olahraga secara teratur merupakan salah satu kunci menjalani gaya hidup sehat dan menangkal bermacam penyakit. Hanya dengan olahraga 150 menit per pekan, kolesterol, tekanan darah, dan berat badan dapat dikelola dengan lebih bagus. Kecuali itu, aktif bergerak akan membuat otot jantung lebih kuat sehingga dapat memompa dengan lebih aktif.